Kamis, 25 November 2010

PERAWATAN KULIT

" KOSMETIK SKIN CARE "

Setiap kita pastinya menginginkan tampil cantik dan menarik. Sebenarnya tidak sulit, asalkan anda mau melakukan perawatan kulit yang tepat dan rutin.Waktu terbaik merawat kulit adalah malam hari, karena dapat memperbaiki dan membangun kembali sel-sel yang telah rusak. Mental dan fikiran yang tenang turut mempercepat perbaikan kondisi tubuh dan kulit.
 
Perawatan wajah merupakan salah satu perawatan kulit yang penting. Bukan saja karena wajah merupakan bagian tubuh yang sering dilihat, tapi karena kulit wajah adalah bagian yang paling sensitif dibandingkan kulit bagian lain.
 
Pengaruh hormon terhadap kulit wajah
Pada masa-masa remaja, produksi hormon pertumbuhan meningkat. Selain itu, produksi kelenjar minyak juga meningkat. Kulit wajah pun menjadi lebih sensitif dan menimbulkan masalah seperti jerawat. Namun, seiring dengan usia, produksi hormon pertumbuhan dan kelenjar minyak menurun. Kulit pun jadi cenderung kering dan keriput. Oleh karena itu, perawatan kulit wajah menjadi perawatan kulit yang harus diutamakan, baik bagi pria maupun wanita.
 
4 Dasar Kebutuhan Perawatan Kulit Wajah
 
Langkah 1: Membersihkan (Cleansing)
 
Simpel adalah kuncinya. Kita perlu mencari pembersih yang bagus dimana kulit kita dapat merespon dengan baik dan cocok dengan kulit.
 
Hindari menggunakan sabun batangan karena akan membuat kulit menjadi kering. Seperti yang ditulis oleh seorang ahli kosmetik dari Perancis Rona Berg dalam bukunya yang berjudul "Beauty" bahwa sabun batangan hanya cocok digunakan dari leher ke bawah. Pilihlah pembersih yang mengandung krim untuk kulit yang kering atau pembersih jernih untuk kulit berminyak.
 
Hati-hati jangan membersihkan wajah terlalu sering. Membersihkan wajah malam hari harus dilakukan. Untuk kulit kering pertimbangkan untuk menggunakan krim dingin dan bersihkan tanpa menggunakan air.
Banyak wanita memilih untuk membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membuka pori-pori sehingga membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori. Pakai sedikit pembersih kemudian bersihkan dengan air dingin atau air hangat.
Untuk membersihkan
make up, bisa menngunakan pembersih make up yang khusus.
 
Di pagi hari, basuhlah wajah dengan air hangat (sangat baik untuk membersihkan minyak dari pelembab yang dipakai malam hari). Jangan membasuh wajah dengan air panas atau terlalu dingin karena keduanya dapat menyebabkan pecahnya saluran pembuluh darah (kapiler).
 
Langkah 2: Pengelupasan (exfoliation)
 
Pengelupasan adalah langkah perawatan wajah yang sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Tetapi apabila pengelupasan sering dilakukan maka akan terlihat perbedaan pada kulit wajah. Itulah sebabnya menurut Berg mengapa kulit wajah pria kelijatan lebih muda daripada wanita karena para pria melakukan pengelupasan pada saat mencukur setiap hari.
Ada beberapa cara untuk melakukan pengelupasan kulit wajah:
Microdermabrasion, chemical peel dan retinoid.
 
Scrub bekerja dengan cara membersihkan lapisan atas dari sel kulit mati yang membuat wajah kita kelihatan kusam. Pengelupasan kulit dilakukan seminggu sekali akan membuat kulit wajah cerah bersinar sepanjang tahun. Pastikan untuk menggunakan scrub yang lembut dalam butiran-butiran kecil. Butiran-butiran yang besar akan melukai wajah dan merusak kulit.
 
Langkah 3: Melembabkan (Moisturize)
 
Hukum dasar kecantikan adalah semua orang baik yang berjenis kulit apapun harus menggunakan pelembab wajah. Bahkan untk kulit berminyak sekalipun akan mendapatkan keuntungan dari pelembab. (Pengecualian hanya untuk kulit yang berjerawat). Mengapa? Karena Pelembab akan membungkus kulit dengan kelembaban. Jadi seberapa banyak pelembab yang kita butuhkan? Kulitmu akan memberitahukanmu. Bila kulitmu sangat kencang maka kulitmu menangis membutuhkan pelembab. Tetapi hati-hati jangan terlalu lembab karena dapat menyumbat pori-pori.
 
Langkah 4: Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)
 
Sebuah majalah mengupas artikel mengenai beberapa ahli kulit dan kecantikan yang semuanya berpendapat pentingnya tabir surya sebagai aturan perawatan kulit.
 
Penyebab nomer 1 dari keriput di wajah adalah pengrusakan akibat sinar matahari, sehingga sangat penting untuk menggunakan tabir surya sepanjang tahun bahkan pada saat mendung ataupun hujan. Jadi wajib untuk mempunyai 2 jenis pelembab yaitu 1 untuk malam hari dan 1 untuk siang yang mengandung tabir surya. Jangan sekali-kali menggunakan tabir surya pada malam hari karena komposisinya tidak sesuai untuk malam hari dan dapat merusak kulit.
 

Tips penting dalam perawatan wajah:

  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin dan zat antioksidan yang penting bagi kesehatan kulit.
  • Pilih produk perawatan wajah secara tepat sesuai dengan jenis kulit
  • Bersihkan wajah setiap pagi dan malam secara teratur.
  • Gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari.
  • Pemakaian pelembab sangat dianjurkan untuk mempertahankan kelembaban kulit, terutama bagi yang berusia 25 tahun ke atas.

Tidak ada komentar: